WordPress, Pengertian Fungsi dan KegunaanNya

3821
Logo WordPress
Logo WordPress di ilustrasikan dengan berbagai macam warna

WordPress adalah alat blogging gratis dan open source dan sistem manajemen konten (CMS) berbasis PHP dan MySQL, yang berjalan pada layanan web hosting. Fitur termasuk plug-in arsitektur dan sistem template. WordPress digunakan oleh lebih dari 18,9 % dari 10 juta website pada Agustus 2013 WordPress adalah sistem blogging yang paling populer digunakan di Web, pada lebih dari 60 juta situs.

WordPress melalui pendirinya Matt Mullenweg dan Mike Little pertama kali dirilis pada tanggal 27 Mei 2003. Pada September 2013, versi 3.6 telah diunduh lebih dari 6 juta kali. Versi terakhirnya bisa teman-teman unduh gratis disini Download

Dalam penggunaannya wordpress lebih tepat untuk kalangan profesional yaitu dengan menggunakan beberapa template design yang bisa di download secara gratis atau dengan membeli secara premium. Untuk kamu yang tidak memiliki domain sendiri, kamu juga bisa menggunakan wordpress seperti blogspot dengan menggunakan nama domain namapilihankamu@wordpress.com secara gratis langsung saja daftar disini www.wordpress.com

Tema

Pengguna WordPress dapat menginstal dan beralih di antara tema. Tema memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan dan fungsionalitas dari situs WordPress atau instalasi tanpa mengubah isi informasi atau struktur situs. Tema dapat diinstal menggunakan WordPress “Penampilan” alat administrasi atau folder tema dapat di-upload melalui FTP. PHP, HTML & CSS ​​kode yang ditemukan dalam tema dapat ditambahkan atau diedit untuk menyediakan fitur-fitur canggih. Tema atau Themes wordpress tersebar banyak sekali di Internet dari yang gratis sampai yang berbayar.

Baca Juga: 7 Tempat Download Template WordPress Premium Gratis

Plugin

Salah satu fitur yang sangat populer dan unik dari wordpress adalah plugin, kamu bisa menambahkan berbagai macam fitur tanpa perlu mengetahui bahasa pemrograman. WordPress sendiri memiliki database plugin lebih dari 26.000 plugin, dan masing-masing menawarkan fungsi kustom dan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan situs mereka dengan kebutuhan khusus mereka.

Fitur custom ini meliputi Search engine Optimation, penambahan widget, setting tampilan halaman, membuat fitur video youtube atau membuat fungsi khusus yang sesuai dengan keinginan pemilik website.

Multi-user dan multi – blogging

Sebelum WordPress 3.0, WordPress didukung satu blog per instalasi, meskipun beberapa salinan bersamaan dapat dijalankan dari direktori yang berbeda jika dikonfigurasi untuk menggunakan tabel database yang terpisah. WordPress Multi-User ( WordPress MU, atau WPMU ) adalah sebuah garpu dari WordPress diciptakan untuk memungkinkan beberapa blog untuk tetap eksis dalam satu instalasi tetapi dapat diberikan oleh pengelola terpusat. WordPress MU memungkinkan bagi mereka dengan situs untuk menjadi tuan rumah komunitas blogging mereka sendiri, serta kontrol dan moderat semua blog dari dashboard tunggal. WordPress MU menambah delapan tabel data baru untuk setiap blog.

Mobiles

WordPress sendiri tersedia diberbagai platform WebOS, Android, iOS (iPhone, iPod Touch, iPad), Windows Phone, dan BlackBerry Aplikasi ini, dirancang oleh Automattic. Dengan berbagai fitur pilihan yang meliputi menambahkan posting blog baru dan halaman, komentar, moderasi komentar, membalas komentar di samping kemampuan untuk melihat statistik.

Fitur lain

WordPress juga fitur manajemen link terintegrasi, sebuah mesin pencari ramah, struktur permalink bersih, kemampuan untuk menetapkan bersarang, beberapa kategori untuk artikel, dan dukungan untuk tag posting dan artikel. Filter otomatis juga termasuk, menyediakan format standar dan styling dari teks dalam artikel (misalnya, mengubah tanda kutip biasa untuk tanda kutip pintar). WordPress juga mendukung standar Trackback dan Pingback untuk menampilkan link ke situs lain yang memiliki sendiri dihubungkan dengan sebuah posting atau artikel.

Sejarah

B2/cafelog, lebih dikenal hanya sebagai b2 atau cafelog, adalah pelopor WordPress. B2/cafelog diperkirakan telah digunakan di sekitar 2.000 blog pada Mei 2003. Hal ini ditulis dalam PHP untuk digunakan dengan MySQL oleh Michel Valdrighi, yang sekarang menjadi pengembang berkontribusi terhadap WordPress. Meskipun WordPress adalah penerus resmi, proyek lain, b2evolution, juga dalam pengembangan aktif.

WordPress pertama kali muncul pada tahun 2003 sebagai upaya bersama antara Matt Mullenweg dan Mike Little untuk menciptakan sebuah garpu dari b2. Christine Selleck Tremoulet, teman Mullenweg, mengusulkan nama WordPress.

Pada tahun 2004 istilah lisensi untuk bersaing Jenis paket Movable diubah oleh Six Apart dan banyak pengguna yang paling berpengaruh bermigrasi ke WordPress. Pada bulan Oktober 2009 2009 Open Source sistem manajemen konten Pangsa Pasar Laporan mencapai kesimpulan bahwa WordPress menikmati kekuatan merek terbesar dari setiap sistem manajemen konten open source.

Hosting

WordPress selain bisa berjalan menggunakan hosting gratis dari wordpress sendiri. dengan nama berakhiran “namadomainkamu@wordpress.com”. Kita juga bisa melakukan custom dengan menyewa hosting sendiri.

Saya sendiri biasa menggunakan jasa hosting dari godaddy.com untuk hosting luar negeri atau niagahoster.co.id untuk hosting Indonesia dimana kedua hosting tersebut memiliki harga yang cukup murah dengan kualitas yang tidak murahan.

Penghargaan

Pada tahun 2007, WordPress memenangkan Packt Open Source CMS Penghargaan.
Pada tahun 2009, WordPress memenangkan Packt terbaik Open Source CMS Awards.
Pada tahun 2010, WordPress memenangkan Hall of Fame yang kategori CMS di 2010 Open Source Awards.
Pada tahun 2011, WordPress memenangkan Sumber Open Web App of the Year Award di The Critters.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s